PARIWARA

DbClix Your Ad Here

Friday, October 13, 2006

TIPS MEMBELI BIBIT TANAMAN



Kesalahan dalam membeli bibit ini akan berakibat fatal bukan hanya berupa kerugian ekonomi tetapi juga kerugian tenaga dan waktu. Ada beberapa kiat dalam pembelian bibit yang harus diperhatikan, yaitu :

a. Membeli di penjual bibit terpercaya
Penjual bibit yang dapat dipercaya memiliki ciri sebagai berikut :
· Terdaftar di Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB).
· Bibit yang dijualnya telah bersertifikat
· Memiliki pembibitan sendiri atau mengetahui dengan pasti asal penangkarnya sehingga memudahkan melacak keaslian varietasnya.
· Mengetahui secara pasti varietas bibit yang dijualnya.
· Memiliki tempat penjualan permanen (mangkal) sehingga memudahkan bagi pembeli yang akan komplain.

b. Membeli bibit yang unggul atau baik kualitasnya
- Induk berasal dari varietas unggul
Induk yang baik berasal dari varietas unggul, sehat dan telah cukup umur (lebih baik kalau pohon induk sudah berproduksi). Untuk memastikan bahwa bibit tersebut berasal dari induk yang baik, cara yang paling baik adalah dengan mengetahui sendiri secara langsung tanaman induk bibit tersebut. Hal ini tidak sulit dilakukan jika penjualnya telah dikenal baik oleh pembeli. Pada kondisi seperti ini biasanya pembeli tahu betul kondisi "dapur produksi" produsen bibit tersebut. Jika tidak memungkinkan untuk mengetahui secara langsung kondisi tanaman induknya, upaya yang dapat dilakukan adalah meminta informasi sebanyak mungkin kepada penangkar tentang induk tanaman tersebut. Untuk mengetahui varietas bibit tersebut, dapat dilakukan dengan pengidentifikasian ciri-ciri spesifik varietas tersebut.
- Bibit sehat dan berpenampilan baik
o Dalam memilih bibit tanaman, yang perlu diperhatikan pertama kali ialah pertumbuhan batang, cabang dan daunnya. Selanjutnya dapat diperhatikan juga penampakan luarnya, apakah ada gejala serangan hama dan penyakit atau tidak. Bentuk batang dan cabang dipilih yang baik, kelihatan mulus dan kokoh, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek sesuai dengan umurnya.Tanaman yang kerdil biasanya kelihatan pendek dari yang seharusnya. Ada pula bibit yang pertumbuhan tingginya terlalu pesat, sedangkan batangnya kelihatan kecil dan terkesan kurang kokoh.
o Perlu diperhatikan bahwa bibit yang baik biasanya memiliki batang utama yang lurus dan tumbuh tegak, tidak melengkung. Pada tanaman buah yang memiliki percabangan banyak, biasanya cabang tumbuh ke segala arah secara merata. Pada pucuk tanaman dan ujung ranting tampak kuncup daun yang menandakan adanya pertumbuhan.

Sumber :
Prastowo, Nugroho H., dkk., 2006. Tehnik Pembibitan dan Perbanyakan VegetatifTanaman Buah. World Agroforestry Centre (ICRAF) & Winrock International.

0 comments:

Post a Comment